Definisi Foreign Direct Investment

Definisi Foreign Direct Investment

Investasi asing langsung adalah bahwa investasi, yang dibuat untuk melayani kepentingan bisnis investor di sebuah perusahaan, yang di negara yang berbeda berbeda dari negara asal investor.

Bersama-sama mereka terdiri dari sebuah MNC. Induk perusahaan melalui usaha investasi asing langsung berupaya untuk melakukan kontrol besar terhadap perusahaan afiliasi asing. ‘Control’ seperti yang didefinisikan oleh PBB, adalah kepemilikan yang lebih besar dari atau sama dengan 10% dari saham biasa atau akses ke hak suara di sebuah perusahaan berbadan hukum. Untuk sebuah perusahaan tak berhubungan satu perlu mempertimbangkan kriteria setara.

Kepemilikan saham sebesar kurang dari yang disebutkan di atas disebut sebagai investasi portofolio dan tidak dikategorikan sebagai FDI.

Faktor-faktor yang mendorong pertumbuhan Inward FDI terdiri keringanan pajak, relaksasi peraturan ada, kredit pada tingkat bunga rendah dan hibah khusus. Ide di balik ini adalah bahwa, keuntungan jangka panjang dari dana tersebut jauh melampaui kelemahan dari hilangnya pendapatan yang terjadi dalam jangka pendek. Arus Inward FDI mungkin menghadapi pembatasan dari faktor-faktor seperti pengendalian kepemilikan dan kesenjangan dalam standar kinerja.

Investasi langsung asing, yang lahiriah, juga disebut sebagai “investasi langsung luar negeri”. Dalam hal ini adalah ibu lokal, yang sedang diinvestasikan dalam beberapa sumber asing. Outward FDI juga dapat menemukan digunakan dalam transaksi impor dan ekspor dengan negara asing. Outward FDI berkembang di bawah asuransi pemerintah yang didukung pada cakupan risiko.
Outward FDI menghadapi pembatasan bawah sejumlah faktor seperti yang dijelaskan di bawah ini:

  • Insentif pajak atau kurangnya untuk perusahaan, yang berinvestasi di luar negara asal mereka atau pada keuntungan, yang dipulangkan
  • Industri terkait dengan pertahanan sering diset diluar bidang FDI luar untuk mempertahankan kendali pemerintah atas kompleks industri pertahanan terkait
  • Subsidi skema ditargetkan pada bisnis lokal
  • Lobby kelompok dengan kepentingan memiliki dukungan baik dari sektor FDI ke dalam atau badan investasi negara pendanaan
  • Kebijakan Pemerintah, yang memberikan dukungan terhadap fenomena nasionalisasi industri

    Investasi asing langsung dapat diklasifikasikan lebih lanjut oleh target mereka ditetapkan. Greenfield investasi dan Akuisisi dan Merger.

    Investasi Greenfield melibatkan aliran FDI untuk baik atas membangun kapasitas produksi baru di negara tuan rumah atau untuk perluasan fasilitas produksi ada dari negara tuan rumah. Poin plus ini datang dalam bentuk peningkatan kesempatan kerja, upah yang relatif tinggi, R & D kegiatan dan peningkatan kapasitas.

    Sisi lain datang dalam bentuk penurunan pangsa pasar bagi perusahaan domestik dan repatriasi keuntungan yang dibuat ke luar negeri, yang jika ditahan di negara asal bisa menyebabkan akumulasi modal yang cukup besar bagi bangsa ini.

    Kebanyakan perusahaan multinasional mengandalkan merger membawa FDI. Sampai dengan tahun 1997 merger dan akuisisi menyumbang sekitar 90% dari aliran FDI terhadap ekonomi AS. Aliran FDI melalui akuisisi tidak memberikan keuntungan jangka panjang bagi perekonomian negara tuan rumah seperti di bawah investasi Greenfield.

    Beberapa jenis lain dari investasi langsung asing dalam mode yang disebut sebagai Horizontal FDI, Teruskan Vertikal FDI, Vertikal FDI dan Mundur Vertikal FDI.

Mengapa FDI penting bagi setiap pertimbangan akan global

Jawaban yang sederhana adalah bahwa membuat investasi asing langsung memungkinkan perusahaan untuk menyelesaikan beberapa tugas :

-           Menghindari tekanan pemerintah asing untuk produksi local.

-           Menghindari hambatan perdagangan, tersembuyi dan sebaliknya.

-           Kemampuan untuk meningkatkan kapasitas produksi total.

-           Peluang untuk co-produksi, usaha patungan dengan mitra local, pengaturan pemasaran bersama, perizinan, dll.

Sebuah respon yang lebih lengkap bisa menangani masalah kemitraan bisnis global pada umumnya istilah yang sangat. Meskipun bagus bahwa penulis banyak bisnis seperti ungkapan, “berpikir secara global, bertindak lokal”, ini digunakan klise sering tidak benar-benar berarti sangat banyak untuk eksekutif bisnis rata-rata di sebuah perusahaan menengah dan kecil. Ungkapan tersebut memang memiliki konotasi yang signifikan bagi perusahaan-perusahaan multinasional. Namun bagi eksekutif di UKM, masih hanya kata kunci yang lain. Penjelasan sederhana untuk ini adalah perbedaan perspektif antara eksekutif perusahaan multinasional dan perusahaan menengah dan kecil. Perusahaan multinasional hampir selalu peduli dengan kapasitas produksi di seluruh dunia dan kedekatan dengan pasar utama. Perusahaan-perusahaan kecil menengah cenderung lebih peduli dengan menjual produk mereka di pasar luar negeri. Munculnya internet telah membawa dan sangat berbeda pola pikir baru yang cenderung lebih berfokus pada isu-isu akses. UKM khususnya saat ini berfokus pada akses ke pasar, akses terhadap keahlian dan hampir semua akses ke teknologi.

Persyaratan dasar bagi perusahaan mempertimbangkan investasi asing

Tergantung pada sektor industri dan jenis usaha, investasi langsung asing dapat menjadi pilihan yang menarik dan layak. Dengan globalisasi cepat banyak industri dan integrasi vertikal dengan cepat mengambil tempat di tingkat global, minimal perusahaan harus mengikuti tren global dalam industri mereka. Dari sudut pandang kompetitif, penting untuk menyadari apakah perusahaan pesaing yang memperluas ke pasar asing dan bagaimana mereka melakukan hal itu. Pada saat yang sama, ia juga menjadi penting untuk memantau bagaimana globalisasi mempengaruhi klien domestik. Seringkali, menjadi keharusan untuk mengikuti perkembangan klien kunci luar negeri jika hubungan bisnis yang aktif harus dipertahankan.

Akses pasar baru juga alasan lain besar untuk berinvestasi di negara asing. Pada tahap tertentu, ekspor produk atau jasa mencapai massa kritis jumlah dan biaya dimana produksi asing atau lokasi mulai menjadi biaya yang lebih efektif.


This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply